genggam duniamu dengan ilmu

Selasa, 03 Juni 2014

(Bukan) Ada Apa Dengan Cinta

Perjalanan selalu melahirkan cinta, kenangan, dan sesuatu yang akan membuat kita kian dekat dengan Allah. Dalam perjalanan itu, tentu kita bertemu dengan berbagai sosok, karakter dan penampilan yang berbeda-beda antara satu dan lainnya. Diantara beragam insan tersebut, kutemukan satu adam yang begitu menawan.

Entah sejak kapan dimulai. Dia selalu dihatiku, bahkan senyum kecilnya membuatku sangat bersemangat. Seolah-seolah senyum itu selalu menungguku. Ksatria lugu berkacamata, menyambut mentari dengan duha, menenteng kitab dengan balutan koko serta kopiah putih yang selalu bertengger di kepala. Impian bersamanya pun terselip dalam setiap doa. Berharap Sang Pemilik Kehidupan mengabulkannya. Dia satu-satunya. Tak ingin yang lain. Hanya dia.

Tiba saat lembaran merah jambu sampai ditangan. Tertegun, tak dapat berbuat apa-apa menyaksikan tinta emas mengukir namanya yang bersanding dengan nama hawa lain. Seketika meruntuhkan gerbang asmara yang berdiri kokoh. Menggugurkan benih-benih cinta yang baru tumbuh. Broken heart? Ya. Tak rela? Tentu. Ikhlas? Entahlah. Gantung diri? Jangan! Jangan sampai tidak jadi. Hehehe (just kidding).

Sebagian kita tentu pernah mengalami kejadian di atas. Saat telah menggantungkan asa setinggi bintang di langit dengan warna-warni pelangi. Tapi seketika harus landing di gurun pasir. Impian hanya
menyisakan luka yang kian hari semakin bernanah. Mulailah curhat ke
facebook, maki-maki di twitter, merajuk di blog, dengerin lagu galau. Berharap dunia memperhatikan. Seolah-seolah hanya kitalah yang mempunyai masalah di bumi ini.

Sahabat, setiap sesuatu yang kita miliki tentu akan tiba masanya ia pergi. Entah itu dalam bentuk barang atau jiwa yang tenang. Tapi yakinlah akan ada pelangi setelah hujan. Matahari tetap benderang di kala siang. Rembulan tetap bersinar saat malam datang. Allah akan mengganti dengan yang lebih baik dari apa yang sebelumnya kita punya. Termasuk rasa cinta yang datang dan pergi, Allah juga akan menukar dengan cinta yang lebih baik lagi.

Sahabat, satu hal yang mesti diyakini bahwa cinta tak selamanya
melukiskan hal-hal indah. Cinta adalah alasan seseorang mempunyai
perasaan aneh. Kesedihan adalah cinta, benci adalah cinta, rasa sakit
juga cinta. Karena seseorang kau terluka dan merasa benci. Cinta seperti itu, memudar. Setelah beberapa waktu akan dilupakan orang. Saat satu cinta pergi, maka akan datang cinta yang lain.

Ada masanya cinta berubah menjadi hal yang paling mengerikan bahkan dianggap ekstrim. Saat cinta tidak ditujukan pada apa yang seharusnya dijadikan cinta maka ia menjadi marah. Ketika cinta tidak diberikan pada sesuatu atau seseorang yang seharusnya menerima cinta, maka ia menjadi kejam. So, jangan protes saat cinta meninggalkanmu, tak perlu bersedih dikala cinta pergi menjauh.

Cinta sejati adalah rasa yang datang dari Allah dan kembali kepada-Nya pula. Allah selalu memberi cinta sesuai dengan kadar cinta yang kita butuhkan. Allah beri kita rasa cinta terhadap orang tua yang kita tuangkan dalam cangkir pengabdian. Allah anugerahkan kepada kita cinta untuk saudara sesama muslim yang kita hidangkan di atas piring silaturrahim, saling membantu, mengasihi yang muda, menghormati yang tua. Bahkan Sang Haliq mengkaruniakan bagi kita cinta yang akan kita kembalikan padanya melalui sepertiga malam, menyambut senyum mentari dengan duha, melaksanakan yang wajib, melengkapi dengan sunnah, serta menjauhi, meninggalkan bahkan melupakan yang maksiat. Begitu indah cinta yang Allah beri pada hamba-Nya.

So, kembalikanlah cinta itu pada Pemilik Sejati-Nya. Tempatkanlah cinta pada ruang yang seharusnya. Hiasi cinta dengan iman dan taqwa. Landasi cinta karena-Nya. Jika cinta kita pada Sang Maha Pemelihara melebihi cinta pada ciptaan-Nya niscaya cinta itu akan indah dengan sendirinya dan menjadi rasa yang menciptakan kedamaian, ketentraman dalam hati dan jiwa anak-anak manusia. Biarkan Allah yang mengatur kemana karamnya cinta kita.

yogyakarta, 04/24/2014

Kamis, 03 April 2014

SPMP Lembaga Informal dan Non Formal



Strategi Pemetaan Mutu bagi Lembaga Informal dan Non-formal

Musim ini, sudah begitu banyak lembaga-lembaga pendidikan yang berdiri dengan kaki tangan sendiri, tanpa bantuan atau perintah dari pihak manapun, termasuk pemerintah. Tapi tetap saja masih banyak kalangan masyarakat yang tidak menyekolahkan buah hatinya dengan alasan biaya yang begitu besar. Apalagi untuk masyarakat yang bermukim di wilayah tertinggal.
Tapi, hal tersebut tak perlu dikhawatirkan lagi. Lembaga-lembaga informal dan non-formal hadir sebagai pencerah bagi mereka yang tidak kuasa mencicipi bangku sekolah yang modern. Sesuai dengan isi UUD 1945, lembaga ini ingin turut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia. Diantaranya ada Madrasah Diniyah dan Taman Bacaan Masyarakat.
Sebagai ahli manajemen pendidikan, tentunya kita juga ingin lembaga tersebut setara dengan lembaga pendidikan lainnya yang lebih baik.. Jika kita sebagai Walikota/Bupati disuatu daerah, strategi yang bagaimana yang akan kita lakukan? Sebagai contoh, penulis akan menjabarkan tentang strategi pemetaan mutu (akreditasi, sertifikasi dan evaluasi) pada lembaga informal dan non-formal Madrasah Diniyah dan Taman Bacaan Masyarakat.
Cekidot … ^_^
Sebagai pembuka, ada tiga jaringan yang dapat membantu terlaksananya strategi pemetaan mutu, yaitu :
§  Pemerintah
§  Masyarakat
§  Market/pasar
Ø  Pemerintah
Pemerintah adalah membuat kebijakan mutu tentang Madrasah Diniyah dan Taman Bacaan Masyarakat. Pemerintah tidak akan terjun langsung ke lapangan, tetapi dapat membentuk Satuan Kerja yang terdiri dari perwakilan Kemenag, Kemendikbud, maupun Mapenda. Tugas satuan kerja tesebut adalah :
·         Mengumpulkan Data
·         Mengolah data
·         Menganalisis data
·         Menetapkan langkah yang harus ditempuh untuk mencapai Kebijakan Mutu.
Ø  Masyarakat
Masyarakat adalah instansi yang sangat mengerti bagaimana keadaan wilayahnya. Karena mereka adalah orang yang langsung merasakan baik/buruknya suatu lembaga pendidikan. Karena itu pemerintah melalui timnya dapat mensurvei langsung kepada masyarakat, apa yang diinginkan dan apa pula yang sebaiknya tidak ada disuatu lembaga pendidikan.
Ø Market/pasar
Tak hanya masyarakat, market juga mempunyai peranan penting dalam kemajuan suatu lembaga pendidikan. Baiknya pemerintah juga melakukan pendekatan kepada pihak pasar. Tanpa bantuan pihak market, pemerintah bias kesulitan mengetahui hal apa yang sedang menjadi tranding topic atau permasalahan apa yang paling laris dalam lembaga pendidikan.
Masyarakat dan market adalah sasaran dalam pengumpulan data.
Setelah ketiga jaringan ini saling berinteraksi dan terjalin koneksi yang baik, maka langkah selanjutnya menjalankan tugas dari satuan kerja. Setelah mengumpulkan data yang didapat dari hasil pendekatan pada masyarakat dan market, pemerintah dalam hal ini Walikota/Bupati bersama timnya dapat melakukan strategi selanjutnya.
·         Pengolahan Data, yaitu berupa verivikasi dan validasi data yang telah terkumpul seperti data visi, misi, dan tujuan Madrasah Diniyah maupun TBM, serta akta pendirian, profil tenaga pendidik, saran prasrana, dan lain-lain.ntuk memastikan kecukupan data. Selanjutnya diklasifikasi dengan coding dan marking sesuai kebutuhan. Data visual menjadi ending dalam pengolahan data.
·         Analisis Data, yaitu berupa interpretasi, penilaian, dan penelitian secara sistematis dan menyeluruh bagi data yang telah diolah. Hal yang menjadi pertimbangan yaitu adakah keterkaitan antar elemen dan intergrasinya. Setelah semua proses tersebut berjalan, idealnya dapat direkomendasikan sebagai perbaikan dan peningkatan hasil bagi Madrasah Diniyah dan TBM. Rekomendasi tersebut berisi indikator keberhasilan sasaran, target waktu pencapaian indikator dan penanggungjawab pelaksanaannya.
·         Menetapkan Langkah yang Ingin Dicapai, yaitu bagi Madrasah Diniyah dapat melakukan pembinaan dan pelatihan bagi tenaga pendidik agar dapat professional dalam menjalankan amanahnya. Menyelenggarakan kegiatan tentang materi/bahan ajar, metode/cara mengajar yang efektif dan menarik bagi para guru. Membangun kerjasama antara pihak Madrasah Diniyah dengan pemerintah kabupaten/kota demi kemajuan lembaga. Sedangkan bagi Taman Bacaan Masyarakat, dapat melakukan program pelatihan bagi pengelola TBM tentang cara-cara mengelola lembaga lebih baik lagi. Mengadakan event-event bagi masyarakat yang berkaitan dengan TBM agar masyarakat mengerti akan pentingnya membaca. Membantu dalam pendanaan TBM, ikut melengkapi koleksi bacaan yang diminati masyarakat, serta membantu dalam perbaikan atau kelengkapan sarana prasarana TBM agar tercipta suasana yang nyaman ketika membaca.

Demikian strategi pemetaan mutu yang dapat dilakukan demi kemajuan lembaga informal dan non-formal. Semoga bermanfaat ^_^

Kamis, 20 Maret 2014

Pasrah ... ?



Mentari menjadi saksi bisu
Tangisku pecah diantara jejeran bambu
Mengenang butiran-butiran dosa yang kian membelenggu
Jejak-jejak noda yang membekas pilu

Robbi
Apakah rayuanku pada_Mu kurang?
Atau godaan-godaanku pada_Mu berlebihan?
Hingga tak sadarku mengucap keluhan

Rahman
Adakah wajibku tak berbuah?
Atau sunnahku mengundang dosa?
Hingga tercetus sumpah serapah

Rahim
Tak ingin kuterima murka_Mu
Tak mau kusambut azab_Mu
Tak sanggup pula kumasuki  neraka_Mu
Tapi kutak kuasa bila harus berlarut-larut dalam ujian_Mu

Pada_Mu resahku berlabuh
Pintaku satu, airmata ini jatuh hanya untuk_Mu

Yogyakarta, 1122’13, Jum’at, 11:37

suka ... ?



Apa yang kusuka?
kusuka tatapannya yang teduh
melenyapkan kelelahan
menghadirkan keceriaan

Siapa yang kusuka?
kesatria lugu berkacamata
berparas indah nan rupawan
berbalut koko nan sholeh

 


Dimana ku menyukainya?
disudut penuh terjejer buku
dikeresahan yang menggelora
dihati penuh makna

 

Kapan ku menyukainya?
ketika syairnya jatuh ke hati
ketika diamnya dalam menatapku
ketika akhlaknya berbuah manfaat

 

Mengapa ku menyukainya?
karena dia yang terindah
karena dia sang pujangga cinta
karena dia membuatku semakin dekat pada_Nya


 

Bagaimana ku menyukainya?
dengan syair dan melodi
dengan senyum dan perhatian
dengan diam dan memperhatikan


yogyakarta, 12 februari 2013
18:24

Selasa, 19 November 2013

sayap-sayap patah

Lama kunikmati sesak yang terus bersarang di hati
Dengan perih, tangis, gelisah, resah
Akhirnya kutemukan jawabnya
Mungkin ini yang kunanti-nanti
Walau semakin sakit, perlahan dengan  pasti kuterima
Biarlah menjadi cerita yang tak indah
Kuyakini memang semua tak akan berakhir seperti cinderella
Tak juga FTV2 ceria
 Yang ku tahu sekarang, saat ini sayap-sayapku semakin patah
tak mampu lagi terbang tinggi melintasi awan senja
senja, mentari telah pergi
yang kunanti kini purnama menemani..

Allah
cinta sejatiku
maafkan hamba_Mu yang sempat mengabaikan rencana_Mu
kutahu sesuatu telah Engkau persiapkan untukku,
hanya saja saat ini mungkin ke belum mampu menerimanya..

thank's God
for all..


:'( :'( :'(